Posted by : Unknown Kamis, 18 April 2013


 

A.    Pengertian Hakekat dan Demensi Identitas Nasional
            Identitas pada hakekatnya merupakan manifestasi nilai-nilai budanyaan yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khas, dan dengan ciri khas tersebut maka suatu bangsa berbeda dengan bangsa  lain dalam kehidupannya.
            Unsur-unsur identitas secara normatif  berbentuk sebagai nilai, bahasa, adat istiadat dan letak geografis. Beberapa demensi dalam identitas nasional antara lain:
1.      Pola perilaku yang tewujud dalam kehidupan sehari-hari seperti adatb istiadat, budaya,dan kebiasan, ramah tamah dll.
2.      Lambing-lambang ini biasanya di nyatakan dalam undang-undang, misalnya bendera, bahasa, dan lagu kebangsaan.
3.      Alat-alat perlengkapan
4.      Tujuan yang ingin di capai
B. Unsur– Unsur Pembentuk Identitas Nasional
a.       Sejarah
Menurut catatan sejarah, belum menjadi identitas negara bangsa yang modern, bangsa indonesia pernah mengalami masa kejayayan, sebagai bangsa maritin kehandalan bangsa indonesia dalam pembuatan kapal pinisi di masa lalu merupakan identitas pengetahuan bangsa indonesia yang tidak dimemiliki  oleh bangsa lain di dunia.
b.       Kebudayaan 
Aspek kebudayaan yang menjadi unsur pembentuk identitas nasional dan globalisasi yaitu .akal budi, peradaban, dan pengetahuan
c.       Suku bangsa
d.      Agama
Dimana peran agama tiada lain untuk mensyukuri nikmat kemajmukan pemberian Allah dapat  di lakukan dengan salah satu sikap dan tindakan untuk tidak memaksakan keyakinan dan teradisi suatu agama baik mayoritas maupun minoritas atas kelompok lainnya.


e.       Bahasa
Bahasa adalah salah satu atribut identitas nasional indonesia, sekalipun indonesia memiliki ribuan bahasa daerah, kedudukan bahasa indonesia sebagai bahasa penghubung, dalam peristiwa  sumpah pemuda tahun 1928 yang menyatakan bangsa indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa indonesia, telah memberikan nilai tersendiri bagi pembentukan identitas nasional indonesia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AHMAD RIFA'I - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -