Posted by : Unknown Selasa, 16 April 2013




Setidaknya terdapat tiga pandangan tentang islam dan demokrasi. Pertama, Islam dan demokrasi adalah dua sistem politik yang berbeda. Islam tidak bisa di soburdinatkan dengan demokrasi karena islam merupakan sistem politik yang mandiri (self-sufficient). Kedua, Islam berbeda dengan demokrasi jika demokrasi di definisikan secara procedural seperti dipahami dan dipraktikkan di Negara-negara barat. Ketiga, Islam adalah sistemnilai yang membenarkan dan mendukung sistem politik demokrasi seperti yang dipraktikkan Negara-negara maju. Islam di dalam dirinya demokratis tidak hanya karena prinsip syura(musyawarah), tetapi juga karena adanya konsep ijtihad dan Ijma’ (konsensus).
    Terdapat beberapa argument teorotis yang bisa menjelaskan lambannya pertumbuhan dan perkembangan demokrasi di dunia Islam. pertama, pemahaman doctrinal menghambat praktik demokrasi.teori ini di kembangkan oleh Elie Khudourie bahwa gagasan demokrasi masih cukup asing dalam tradisi pemikiran Islam. Kedua, persoalan kultur. Demokrasi sebenarnya telah di coba di Negara-negara muslim sejak paruh pertama abad dua puluh, tetapi gagal. Tampaknya, ia tidak akan sukses pada masa-masa mendatang, karena warisan cultural masyarakat muslim sudah terbiasa dengan autokrasi dan ketaatan absolute kepada pemimpin, baik pemimpin agama maupun pemimpin penguasa. Ketiga, lambannya pertumbuhan demokrasi di dunia islam tidak ada hubungan dengan teologi maupun kultur, melainkan lebih terkait dengan sifat alamiah demokrasi itu sendiri. Untuk membangun demokrasin di perlukan kesungguhan, kesabaran, dan di atas segalanya adalah waktu.

Sekilas Sejarah Demokrasi
Demokrasi dalam sejarah peradaban muncul sejak jamam Yunani Kuno di mana rakyat  memandang kediktatoran sebagai bentuk pemerintahan terburuk. Capaian praktis dari pemikiran demokrasi Yunani adalah munculnya “negara kota”.  Dengan Polis adalah bentuk demokrasi pertama. Demokrasi berasal dari taka tain yaitu demos (rakyat) dan kratos (pemerintahan).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AHMAD RIFA'I - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -