Posted by : Unknown Rabu, 17 April 2013

 

Sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam resmi, baik lisan maupun tertulis, harus memiliki subjek (S) dan predikat (P). Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam wujud lisan kalimat diucapkan dengan suara naik turun, dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Dalam wujud tulisan berhuruf latin kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. (.), tanda tanya (?) dan tanda seru (!).
Oleh sebab itu, kaliamat menduduki posisi yang dominan dalam kajian Bahasa Indonesia. Kalimat juga merupakan kajian dasar dalam Bahasa Indonesia, kajian ini akan terus berhubungan dengan kajian-kajian berikutnya.  Setiap kalimat yang dibentuk harus memiliki keharmonisan. Keharmonisan kalimat artinya, kalimat yang kita buat harus harmonis antara pola berpikir dan struktur bahasa. Agar kalimat Anda harmonis, setiap kalimat yang Anda buat harus mempunyai kejelasan unsur-unsur gramatikalnya, seperti terdiri dari beberapa unsur antara lain subyek, predikat, obyek ,pelengkap dan keterangan. Bila tidak memiliki subjek dan predikat, maka bukan disebut kalimat tetapi disebut frasa. Inilah yang membedakan kalimat dengan frasa. Contoh : akan datang, kemarin pagi dan lainya.
I.                   Pembahasan

A.    Definisi kalimat
Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam wujud lisan kalimat diucapkan dengan suara naik turun, dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Dalam wujud tulisan berhuruf latin kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik(.), tanda tanya (?) dan tanda seru (!).wujud tulisan berhuruf latin kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik(.), tanda tanya (?) dan tanda seru (!).
Kalimat merupakan satuan dasar wacana. Artinya, wacana hanya akan terbentuk jika ada dua kalimat, atau lebih, yang letaknya berurutan dan berdasarkan kaidah kewacanaan. Satuan kalimat dalam Bahasa Indonesia di bentuk dalam beberapa unsur kalimat. Unsur kalimat adalah fungsi-fungsi sintaksis atau jabatan kata dalam kalimat. Adapun unsur sintaksis atau jabatan kata dalam kalimat yakni: Subjek (S), Predikat (P), Objek (P), Pelengkap (Pel), dan Keterangan (K). Dalam kalimat fungsi utama yang minimal harus hadir dalam kalimat adalah subjek (S) dan perdikat (P).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AHMAD RIFA'I - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -