Posted by : Unknown Rabu, 17 April 2013



1.      Apa sajakah fungsi bahasa itu?
Jawaban: a. untuk menyatakan ekspresi diri, b. sebagai alat komunikasi, c. sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, d. sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial.
2.      Apa sajakah macam-macam pungtuasi?
Jawaban: titik, koma, titik koma, titik dua, tanda kutip, tanda tanya, tanda seru, tanda hubung, tanda pisah, tanda ellipsis, tanda kurung, tanda kurung siku, garis miring, huruf kapital.
3.      Bagaimanakah caranya kalimat itu bisa dikatakan sebagai kalimat efektif?
Jawaban: 1. Harus dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang, 2. Sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis.
4.      Adakah perbedaan antara tema dan ringkasan?
Jawaban: ada, perbedaanny adalah dalam sebuah ringkasan masih disebutkan para pelaku dengan alur kisahnya (plot) dan ringkasan juga merupakan uraian itu secara komplit dalam bentuk yang singkat.  Sedangkan tema hanya –merupakan gagasan-gagasan atau amanat yang ingin disampaikan kepada para pembaca,belum dijalin dengan para pelaku dan tema juga merupakan sari dasar atau amanat yang disampaikan penulis.
5.      Bagaimanakah cara membuat kerangka karangan yang baik?
Jawaban: tentunya , tiap2 kerangka  karangan yang baik harus memenuhi syarat-syaratnya, yaitu; (1) tesis atau pengungkapan maksud harus jelas, (2) tiap unit dalam kerangka karangan haya mengandung satu gagasan, (3) poko-pokok dalam kerangka karangan harus disusun secara logis, (4) harus mempergunakan pasangan symbol yang konsisten.
6.      Jelaskan pengertian dan tujuan catatan kaki?
Jawaban: yang di maksud dengan catatan kaki adalah keterangan-keterangan atas teks karangan yang di tempatkan pada kaki halaman karangan yang bersangkutan. Pada dasarnya catatan kaki di buat untuk maksud-maksud berikut: untuk menyusun pembuktian, menyatakan utang budi, menyampaikan keterangan tambahan, merujuk bagian lain dari teks.
7.      Jelaskan pengertian dan fungsi sebuah bibliografi?
Jawaban: bibliografi atau daftar kepustakaan adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dari karangan yang tengah di garap. Fungsi sebuah bilbiogarafi adalah memberikan deskripsi yang penting tentang buku, majalah secara keseluruhan dan juga berfungsi sebagai pelengkap dari sebuah catatan kaki.
8.      Sebutkan teknik atau cara mengumpulkan data?
Jawaban: cara yang digunaka untuk mengumpulkan data ialah mengadakan wawancara, mengadakan angket (melalui daftar kuestioner), mengadakan observasi, penelitian lapangan atau mengadakan penelitian kepustakaan.
9.      Ada berapakah jenis kutipan dan jelaskan?
Jawaban: menurut jenisnya kutripan dapat dibagi menjadi dua yaitu kutipan langsung dan kutipan tak langsung (kutipan isi). Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Sebaliknya, kutipan tak langsung adalaha pinjaman pendapat seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa inti sari atau ikhtisar dari pendapat tersebut.
10.  Bagaimanakah cara membuat alinea yang baik dan efektif?
Jawaban: dalam membuat suatu alinea yang baik dan efektif  harus memenuhi syarat-syarat berikut. (a) kesatuan: maksudnya adalah bahwa semua kalimat yang membina alinea itu secara bersama-sama menyatakan suatu hal, suatu tema tertentu, (b) koherensi: maksudnya adalah kekompakan hubungan antara sebuah kalimat dengan kalimat yang lain yang membentuk alinea itu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AHMAD RIFA'I - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -