Posted by : Unknown Rabu, 17 April 2013




1)      Apa yang dimaksud dengan bahasa?
Jawaban : Bahasa adalah suatu sistem komunikasi manusia yang mempergunakan bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang terstruktur dan dapat diwujudkan dalam berbagai media seperti tulisan, cetakan, dan isyarat-isyarat fisik.
2)      Apa sajakah cirri ideal BI keilmuwan ?
Jawaban : Setidaknya ada sepuluh cirri ideal BI keilmuwan, yakni (1) bertolak dari gagasan, (2) menggunakan ragam tulis,(3) menggunakan ragam formal, (4) bersifat tegas dan objektif, (5)bersifat lugas, (6) menggunakan kalimat lengkap, (7) hemat dalam penggunaan kata dan kalmia, (8) menggunakan paragraph yang baik, (9) konsisten dalam penggunaan kaidah dan unsur-unsur bahasa, dan (10) terhindar dari kesalahan ejaan dan tanda baca.
3)      Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan kata asal dan kata jadian?
Jawaban :
- Kata asal adalah kata yang menjadi asal pembentukan kata jadian. Contoh: turun, sedangkan menurut jumlah morfem yang menjadi unsurnya, kata asal adalah kata yang terdiri dari satu morfem atau kata monomorfemik.
- Kata jadian adalah kata yang merupakan hasil penggabungan dua morfem atau lebih. Karena merupakan penggabungan dua morfem atau lebih, kata jadian juga disebut kata polimorfemik. Contoh : berjalan
4)      Apa yang di maksud dengan diksi?
Jawaban : Diksi adalah pilihan dan penggunaan kata-kata untuk mengekspresikan idea tau gagasan yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki oleh kelompok pengguna bahasa(masyarkat pendengar atau pembaca).
5)      Jelaskan perbedaan antara paragraf deduktif, induktif, dan campuran?
Jawaban : perbedaannya yaitu :
- paragraf deduktif menempatkan kalimat utama pada awal paragraph. Cirri paragraph deduktif dikenali dari gagasan utamanya yang diletakkan di awal tersebut,
- paragraf induktif menempatkan kalimat utama pada akhir paragraf. Ciri paragraf induktif dikenali dari gagasan utama yang diletakkan pada akhir bagian,
- dan paragraf campuran menempatkan kalimat utama di awal dan di akhir paragraf. Ciri paragraf ini ditandai oleh berulangnya gagasan utama pada awal yang ditegaskan kembali di bagian akhir.
6)      Sebutkan macam-macam penalaran dan jelaskan masing-masingnya?
Jawaban : 1. Penalaran induktif 2. Penalaran deduktif.
1. Penalaran induktif adalah penalaran yang bertolak dari pernyataan-pernyataan khusus(premis) untuk menghasilkan simpulan yang umum dengan cara berpikir logis yang diawali dengan observasi data, pembahasan, dukungan pembuktian, dan diakhiri dengan kesimpulan umum.
2. Penalaran deduktif merupakan proses berpikir logis yang diawali dengan penyajian fakta yang bersifat umum,disertai pembuktian khusus dan diakhiri dengan simpulan khusus yang berupa prinsip, sikap, atau fakta yang berlaku khusus.
7)      Apa perbedaan tulisan fiksi dan nonfiksi?
Jawaban :
-          Pada tulisan fiksi  fakta tidak menjadi syarat utama, fakta dan imajinasi dibungkus menjadi satu untuk melahirkan karya tulisan, dan mungkin dimaknai berbeda (multitafsir).
-          Sedangkan pada tulisan nonfiksi, fakta menjadi syarat utama, bukan cerita rekaan,penulis harus menyampaikannya dengan data yang dapat dipertanggung jawabkan, dan harus adanya kejelasan makna yang ingin disampaikan penulis dalam karyanya.
8)      Sebutkan dan jelaskan ciri ragam bahasa ilmiah:
1.      Baku. Dimana struktur bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
2.      Logis. Ungkapan bahasa yang dapat dimengerti, berfungsi baik, dan teratur sistematis.
3.      Kuantitatif. Keterangan yang di kemukakan pada kalimat dapat diukur dengan secara pasti.
4.      Denotatif. Kata-kata yang digunakan dalam membuat karya ilmiah haruslah bermakna sesungguhnya, tidak multitafsir, dan bersifat objektif.
9)      Apa yang dimaksud dengan plagiat?
Jawaban: penjiplakan (plagiarism) merupakan kegiatan mengambil atau menjadikan ide-ide atau kata-kata orang lain menjadi milik sendiri tanpa menyebutkan sumbernya. 
10)  Bagaimanakah kedudukan/fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional?
Jawaban: (1) lambang kebangsaan nasional, (2) lambang identitas nasional, (3) alat pemersatu pelbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang social budaya dan bahasanya, dan (4) alat perhubungan antar budaya dan antar daerah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AHMAD RIFA'I - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -